SYARIFUDDIN UDU SOLUSI UNTUK MUNA 2020-2025

SYARIFUDDIN UDU SOLUSI UNTUK MUNA 2020-2025

22 December 2010

KEHILANGAN RASA MALU

Hilangnya Rasa Malu

Senin, 20 Desember 2010 14:14 WIB

Indonesia itu bukan Jakarta. Tetapi apa yang terjadi di Jakarta oleh media massa, terutama televisi, lalu diekspose sedemikian rupa, sehingga mempengaruhi perilaku masyarakat luas seantero Nusantara. Seakan-akan apa yang terjadi di Jakarta itulah gambaran kondisi Indonesia. Meski yang demikian itu tidak benar, namun yang pasti karakter budaya lokal semakin lama semakin menipis tergerus budaya kota, khususnya Jakarta.

Yang menyedihkan tidak semua yang datang dari Jakarta, yang ditayangkan media televisi khususnya, selalu bagus. Mereka yang lahir dan tumbuh di daerah tentunya masih ingat, betapa rasa malu itu dahulu sangat kuat. Tetapi akhir-akhir ini berita dan pengaruh dari Ibu Kota justru menggerogoti sifat dan nilai luhur yang tumbuh di daerah, misalnya saja rasa malu yang merupakan nilai mulia sebuah bangsa dan juga ajaran agama.

Di lingkungan desa saya dekat candi Borobudur, Magelang, perceraian dalam suatu keluarga itu dianggap aib besar. Anggota keluarga menanggung beban batin dan malu mengapa anggota keluarganya sampai cerai. Pasti tidak mampu menempatkan diri dan tidak memiliki loyalitas serta sikap saling menghormati antara mereka. Begitulah penilaian masyarakat. Para tetangga pun hanya memilih diam meskipun hatinya tidak setuju dan heran, karena mencampuri urusan tetangga juga tindakan aib.

Terlebih tindakan mencuri, sungguh aib besar dan selamanya akan dicatat diam-diam oleh masyarakat dan akan terkucilkan dalam pergulan sosial. Oleh karenanya di desa selalu aman, hampir tidak pernah terjadi kecurian di dalam rumah meskipun pintu tidak dikunci. Seingat saya, orangtua tidak pernah menyuruh saya belajar mengaji membaca Alquran. Tapi ada rasa malu kalau melihat  teman sebaya sudah bisa membaca sementara saya tidak belum, sehingga tidak usah disuruh orangtua saya akan selalu datang ke masjid belajar mengaji. Begitu pun ketika mandi telanjang di sungai, jika sudah menginjak usia sembilan tahun belum sunat atau khitan akan menjadi tertawaan teman-teman, sehingga segera akan minta disunat.

Begitu pun kalau membolos sekolah, ada rasa malu pada teman dan tetangga. Demikianlah, rasa malu itu dulu tertanam kuat sebagai sebuah tradisi di desa. Namun, setelah lebih dari dua puluh tahun tinggal di Jakarta, saya merasakan suasana sosial yang sangat berbeda. Media televisi sangat gencar setiap saat memburu berita dan menyajikannya ke seluruh Nusantara, sehingga mendominasi wacana publik.

Apa yang terjadi di sebuah daerah ketika diangkat oleh televisi akan segera menyebar ke seantero Nusantara dan seakan itulah gambaran Indonesia. Beberapa penyanyi dan pelawak lokal pun kalau sudah hijrah ke Jakarta dan berhasil tampil di televisi maka dipersepsikan sudah menjadi artis dan pelawak nasional. Penceramah agama pun kalau sudah pernah tampil di televisi ibu kota, apapun mutunya, sudah merasa sebagai penceramah nasional. Itu semua sah-sah saja sebagai bagian dari dinamika dan perjuangan seseorang untuk merubah nasib dan berbakti pada masyarakat dan bangsa.

Yang menyedihkan adalah ketika berbagai kasus korupsi, pelanggaran moral dan sekian kejahatan yang dilakukan kalangan atas juga menjadi sajian berita dan yang bersangkutan terlihat biasa-biasa saja. Ini membuat masyarakat desa yang setia menonton televisi menjadi bingung. Nilai-nilai yang selama ini dijaga justeru dihancurkan oleh perilaku masyarakat ibu kota yang oleh masyarakat desa dibayangkan sebagai masyarakat terdidik dan beradab. Di situ muncul konflik batin yang pada urutannya menggerogoti dan merobohkan wibawa tradisi lokal yang mereka jaga dan hornmati selama ini.

Bayangkan saja, artis punya anak yang tidak jelas orangtuanya ternyata menjadi tokoh selebritas. Ketika menjadi selebritas merupakan idaman dan pujaan anak-anak muda, dalam waktu yang sama tiada minggu tanpa berita pertengkaran dan perceraian rumah tangga selebiritas. Bagi orang desa hal ini sangat sulit difahami. Koruptor yang jelas-jelas melakukan dosa sosial dan agama terlihat biasa-biasa saja ketika diwawancarai wartawan. Bahkan masih terlihat gagah. Anggota DPR yang oleh masyarakat dianggap tokoh panutan dan pembela nasib mereka, sangat sering diberitakan mangkir menghadiri tugas rapat. Belum lagi yang diberitakan suka memeras dan meminta-minta uang sebagai imbalan jasa yang sama sekali tidak dibenarkan. Belum lama ini malah hendak main pukul dalam rapat.

Yang juga mengusik nalar sehat adalah pesta tasyakuran ketika memperoleh jabatan baru, sehingga menimbulkan kesan kuat bahwa jabatan itu sumber kekayaan baru, bukannya sebuah amanat yang berat. Hal-hal demikian ini secara sangat signifikan merusak bangunan kesadaran dan kesetiaan moral masyarakat bawah. Meski tingkat pendidikan dan ekonomi mereka rendah, namun  telah berusaha menjaga tradisi moral bangsa, justeru yang pendidikan tinggi dan kekayaannya melimpah malah merusaknya.

Masih banyak paradoks sosial yang oleh teleivisi disajikan secara telanjang, sehingga masyarakat bingung bahwa rasa malu semakin hilang di kalangan masyarakat. Yang merusaknya justru dari lingkaran elit di kota-kota besar, khususnya Jakarta, yang mestinya menjadi panutan dan penjaga moral bangsa. Namanya saja “ibu kota” mestinya menjadi ibu yang senantiasa mengayomi dan memberi contoh.

Jadi, untuk apa mesti sekolah tinggi-tinggi dan mengejar jabatan tinggi kalau ternyata tidak mampu menjadi tauladan masyarakat? Begitulah logika sederhananya. Atau sebaliknya, untuk apa mesti setia menjaga moral kalau yang mestinya menjadi panutan, yang sudah kaya dan berpendidikan tinggi, tidak peduli pada moral?
       
Komaruddin Hidayat
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta

Bookmark and Share

No comments:

Post a Comment

Kami mengundang anda untuk memberikan komentar terhadap artikel yang ada di blog ini termasuk kritikan dan saran dengan syarat tidak menyinggyng masalah suku,agama dan ras tertentu.
Konten dalam komentar bukan menjadi tanggungjawab admin
Salam

Baca juga :

Korte Verklering Antara Belanda dan Buton 8 April 1906

Berikut kami postkan Korte Verklering tanggal 8 April 1906 yang ditanda tangani oleh  Sultan Buton Muhammad Asyikin dan perwakilan Pem...